Home » , , » Iqlab Adalah : Hukum Nun Mati / Nun Sakinah Bertemu Dengan Tanwin - Bagian 3

Iqlab Adalah : Hukum Nun Mati / Nun Sakinah Bertemu Dengan Tanwin - Bagian 3

Posted by Admin

Assalamualaikum..wr..wb 

Oke, malam ini.. saya akan menjelaskan kepada anda 1 lagi hukum dalam bab Nun mati dan Tanwin yaitu Iqlab.



Dari pengalaman saya mengajar, Iqlab merupakan salah satu hukum tajwid/bacaan yang paling mudah untuk kita pelajari dan untuk diingat.. Sebab apa? Sebab iqlab cuman ada 1 huruf saja.. hehe.. Tapi, jangan pandang sepele dulu dengan Iqlab ini ya.. Walaupun cuma ada 1 huruf saja, tapi hukum iqlab ini lah yang paling banyak orang gagal untuk melaksanakannya.. :-)



Oke, tanpa membuang waktu lagi.. Mari kita belajar lebih lanjut tentang Iqlab ini..



Arti Iqlab : 


Apa arti dari Iqlab? Iqlab ini maksudnya diganti.. Apa yang yang akan diganti itu? Kita harus mengganti/menukarkan sebutan/bacaan Nun mati/Tanwin yang bertemu dengan huruf Iqlab yang terdapat pada huruf mim (م) secara Ikhfa' (Sembunyi) beserta dengung-an.



Huruf-huruf Iqlab :

1 saja yaitu  Ba (ب



Contoh Bacaan Iqlab :
























Daerah yang berwarna merah adalah dimana berfungsinya Iqlab..

Sebutan Nun mati/Tanwin haruslah kita ganti dengan huruf (م) secara Ikhfa' beserta dengung-an.. bagaimana menggantinya dengan (م) secara Ikhfa' dan dengungan ini? Pertama, saya akan jelaskan terlebih dahulu kepada anda apa yang dimaksud dengan Ikhfa' dan dimana letaknya makhraj huruf mim (م)..

Maksud Ikhfa' :  Sembunyi

Makhraj Mim : 2 bibir dirapatkan 

Oke baiklah, Bagaimana caranya kita mengganti bacaan Nun mati dan Tanwin tadi dengan huruf Mim secara Ikhfa' beserta dengung-an? 

Caranya Mudah, Ikhfa' fungsinya menyembunyikan dan cara membaca mim (م) adalah dengan merapatkan 2 bibir anda.. 

Jadi, cara penyebutan (bilangan/ucapan) yang benar adalah dengan menggantikan huruf Nun mati/Tanwin tadi dengan huruf mim (م), dengan cara menyembunyikan sedikit bunyi yang sebenarnya dari huruf mim (م) itu tadi dengan cara (Renggangkan bibir anda sedikit) diikuti dengan dengung-an..


Kesimpulan :

Agak sulit memang bagi kita mengerti bagaimana cara penyebutan yang sebenarnya dengan hanya belajar melalui bahan bacaan saja.. :-) Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, bacaan Iqlab adalah salah satu diantara banyak bacaan yang sering salah penempatannya dan agak sulit diucapkan dengan sempurna.. Kebanyakan dari kita hanya mengganti langsung sebutan Nun mati/Tanwin itu secara bulat-bulat dengan Mim (م), benar tidak?..:-)

Apasaja pun, mohon belajarlah secara bertatapan dengan guru.. Jangan main tebak-tebak saja.. :-) Semoga postingan saya ini bisa memberi sedikit bantuan kepada orang-orang Islam di seluruh Indonesia ini.. :-) Jgn lupa share entry blog / postingan ini di facebook kalau suka..hehe.. Share blog gosip2 terbaru mungkin anda mau aja ya kan?? :-) Baiklah, Itu saja untuk posting kali ini.. Nanti kita Sambung lagi untuk yang akan datang.. :-)

Sekian Terimakasih.. Wassalamualaikum.. Wr..Wb..

  


0 comments:

Post a Comment