Home » , , , , , » Idgham Maal Ghunnah dan Bila Ghunnah Adalah : Nun Mati / Nun Sakinah dan Tanwin - Bag 2

Idgham Maal Ghunnah dan Bila Ghunnah Adalah : Nun Mati / Nun Sakinah dan Tanwin - Bag 2

Posted by Admin



Assalamualaikum.. Wr..Wb..

Oke, Kali ini.. Saya akan menjelaskan dengan lebih terperinci kepada anda 1 lagi hukum bacaan dalam bab Nun Mati dan Tanwin.. Yaitu, Idgham..


Idgham :

Apa yang dimaksud dengan Idham ini? Baiklah, Idgham maksudnya adalah "Memasukkan" atau "Menggabungkan"..


Apa yang ingin dimasukan dan digabungkan disini? Maksudnya, kita perlu menggabungkan atau memasukkan bunyi/suara huruf yang sukun/mati kedalam huruf yang berbaris..


Huruf-Huruf Idgham :

Idgham mempunyai 6 huruf semua diantaranya yaitu : Ya, wau, mim, nun, lam dan ra' 

6 Huruf Idgham

Baiklah, kita sudah melihat apa itu yang dikatakan sebagai idgham disini.. Namun, Idgham dalam bagian Nun mati dan Tanwin ini juga terbagi pada 2 bagian.. Mari kita lanjutkan dibawah sini !

(Penjelasan, idham terdapat juga dalam bab lain selain nun mati dan tanwin.. Kita akan belajar nanti)

Pembagian Idgham :  


Idgham terbahagi kepada 2 Iaitu:

1) Idgham Maal Ghunnah

2) Idgham Bila Ghunnah 




Baiklah, walaupun tebagi 2 jenis, idgham ini memiliki nama akhiran yang berbeda.. Namun, konsepnya tetaplah sama.. Yaitu memasukkan atau menggabungkan.. Cuma ada sedikit perbedaan cara bacaan diantara dua jenis Idhgam ini.. Saya akan jelaskan dengan lebih terperinci di bawah kepada anda sekalian..


Idgham Maal Ghunnah :


Pengertian - Idgham Maal ghunnah bertujuan menggabung/memasukkan suara Nun Mati/Tanwin kedalam huruf Idgham Maal Ghunnah BERSAMA dengan dengung-an.

Huruf-huruf Idgham Maal Ghunnah ada 4 diantaranya YaituMim (م), Nun (ن), Wau (و), dan Ya' (ي)


Contoh-contoh huruf Idgham Maal Ghunnah bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.



Tempat yang saya beri tanda highlight warna merah itu lah daerah/tempat berfungsinya Idgham Maal Ghunnah.. Suara Nun mati/Tanwin haruslah dimasukkan kedalam huruf Idgham Maal Ghunnah beserta dengung.. Bisa anda pahami?

Seperti dalam contoh yang pertama itu "Hisaa ban yasiran" haruslah dibaca dengan "Hisaa bayYasiran".. Dalam contoh terakhir "Khairun wa abqa" haruslah dibaca dgn "KhairuwWa abqa" (Mohon bertanyalah kepada guru.. Jangan asal mengerti saja ya)


Idgham Bila Ghunnah :

Pengertian - Idgham Bila Ghunnah bertujuan menggabung/memasukkan suara Nun Mati/Tanwin kedalam huruf Idgham Bila Ghunnah TANPA dengung-an.

Huru-huruf Idgham Bila Ghunnah ada 2 yaitu -  Lam (ل) dan Ra' (ر)

Contoh-contoh Idgham Bila Ghunnah bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.



Seperti biasa, tempat yang saya beri tanda highlight warna merah itu lah daerah/tempat berfungsinya Idgham Bila Ghunnah.. Suara Nun mati/Tanwin haruslah dimasukkan kedalam huruf Idgham Bila Ghunnah tanpa dengung-an dengan cara melenyapkan bunyi Nun mati/Tanwin..

Contoh pertama "Tawwaaban Rahiiman" haruslah dibaca dengan "Tawwaabar Rahiiman" dan Contoh kedua "BiMu'minin Lanaa" haruslah dibaca dengan "Bimu'minil Lanaa


Kesimpulan :

Kedua-dua jenis Idgham diatas menggunakan konsep yang sama yaitu memasuk/menggabungkan suara Nun mati/Tanwin kedalam huruf-huruf Idgham.. Perbedaan bacaan diantara kedua Idgham ini adalah Idgham Maal Ghunnah dibaca dengan idgham BERSAMA dengung-an dan Idgham Bila Ghunnah pula dibaca dengan Idgham TANPA dengung-an.


Alhamdulillah, selesai juga Posting saya ini.. sudah sebulan tersimpan dalam draft sebenarnya..:-) Semoga kita semua mendapatkan sedikit manfaat dari blog saya ini ya.. Jumpa lagi pada Posting saya yang akan datang! :-) Wabillahitaufikwalhidayah Assalamu'alaikum Wr..Wabarakatuh..

P/S : Mohon belajarlah lagi kepada guru.. Bahan bacaan ini hanyalah untuk pertimbangan saja. 

P/S : Idgham Maal Ghunnah juga dikenal sebagai Idgham Bi Ghunnah.. Hukum yang sama hanya saja namanya berbeda.. wallahua'lam.. Sekian yang dapat saya sampaikan, Atas Waktunya Saya Ucapkan.. Terima Kasih.. 





11 comments:

  1. syukran.. atas perkongsian😊👍

    ReplyDelete
  2. Saya share ya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. penambahan sedikit, lebih populernya memang bi ghunnah, karena dalam pengartian (BI=DENGAN GHUNNAH=DENGUNG) lebih cocok/benar (MA'A=BERSAMA)
    NB: MA'A BUKAN MA'AL/MAAL
    contoh benar= Al Idgham Bi Al Ghunnah
    baca= Al Idgham Bil Ghunnah
    tembus ke nahwu juga akhirnya
    saling mengingatkan semoga bermanfaat 👐👐👐

    ReplyDelete
  4. Terima kasih kerana bermanfaat

    ReplyDelete