Home » , , , » Hukum Bacaan Ikhfa & Haqiqi Adalah Nun Mati / Nun Sakinah Bertemu Tanwin - Bagian 4

Hukum Bacaan Ikhfa & Haqiqi Adalah Nun Mati / Nun Sakinah Bertemu Tanwin - Bagian 4

Posted by Admin



Assalamualaikum..wr..wb.. Alhamdulillah, semakin sering saya update blog belakangan ini.. :-) Saya kejar target untuk menyelesaikan minimal 3 bab hingga penghujung tahun ini.. Insyallah..!

Oke, baiklah.. Untuk Posting kali ini, saya ingin menjelaskan tentang hukum Ikhfa' Haqiqi.. Ini adalah posting terakhir saya mengenai bab Nun Mati dan Tanwin.. Untuk memudahkan anda dalam mengingatnya saya sarankan anda untuk menghafal setiap hukum bacaan menurut bab. Karena setiap Judul posting saya mulai dengan nama bab diikuti dengan hukum bacaannya.. Agar lebih mudah untuk diingat dengan cara seperti itu.. Baiklah, tanpa perlu membuang banyak waktu dan memenuhkan Postingan ini dengan kata yang tak semestinya.. Marilah kita Mulai Belajarnya!


Arti Dari Ikhfa' Haqiqi


Apa arti dari Ikhfa' ini? Sebelumnya saya telah menjelaskan secara ringkas maksud dari Ikhfa' ini kepada anda dalam postingan sebelumnya, tapi tidak apa-apa.. Saya akan mencoba menjelaskannya lagi sejelas-jelasnya kepada anda pada postingan saya kali ini.. :-)



Ikhfa' artinya sembunyi.. Maksudnya adalah membuat bacaan pada pertengahan diantara Idgham (Gabung) dan Izhar (Jelas).. Tidak di Gabung, Tidak di Jelaskan.. Oke? Apakah Anda Merasa Bingung? jangan bingung dulu ya.. Insyallah anda akan mengerti sedikit nanti di akhir posting saya ini.. ;-)


Huruf-huruf Ikhfa'

Terdiri Dari 15 Huruf yaitu :

 ت ث ج د ذ ز س ش ص ض ط ظ ف ق ك



Contoh Ikhfa'


Cara Membaca Bacaan Ikhfa' Haqiqi :

Seperti yang telah saya jelaskan secara ringkas kepada anda sebelumnya diatas, cara membaca bacaan ikhfa' adalah dengan menyisipkannya ditengah-tengah huruf diantara huruf Idgham dan Izhar..

Sebagai contoh.. Coba lihat pada contoh terakhir pada huruf (ج) Bacaan "Bi Khalqin Jadidin" harus dibaca menjadi "Bi Khalqink Jadidin".. Sebenarnya agak sulit untuk kita mengejanya dalam huruf romawi.. :-) Tapi tidak apa-apa, dibawah ini saya sertakan pula sedikit panduan dan contoh yang perlu digaris bawahi saat menerapkan bacaan Ikhfa' ini..
  • Ujung lidah haruslah dijaga agar tidak menyentuh gusi depan sebelah atas.. Karena disitulah tempatnya makhraj Nun.. Bunyi Nun/Tanwin tidak akan menjadi jelas jika ujung lidah kita menyentuh gusi depan sebelah atas sedangkan bacaan yang harus jelas adalah untuk Izhar.
  • Pastikan juga tidak ada unsur gabungan Nun/tanwin dengan huruf setelahnya karena Ikhfa' terletak pada kalimat pertengahan bacaan.

Dan sekedar masukan (Bagi Pemula, Anda tidak perlu khawatir dan merasa rendah diri.. Abaikan bagian ini), sebab ada juga sebagian orang yang bertanya tentang bacaan ikhfa' yang tebal (Tafkhim) dan nipis/ringan (Tarqiq)
  • Tafkhim : Cara membacanya adalah dengan menebalkan sedikit dengungan apabila Nun mati/Tanwin berjumpa dgn huruf Ikhfa' yang terdiri dari huruf-huruf isti'la yaitu ص , ض , ط , ظ , ق
  • Tarqiq : Cara membacanya adalah dengan meringankan/menipiskan dengungan apabila Nun mati/Tanwin berjumpa dengan huruf-huruf Ikhfa' yang terdiri dari huruf Istifal.. Huruf-huruf istifal adalah seluruh huruf hujaiyah kecuali huruf Isti'la.

Akhir kata

Oke, baiklah.. Saya harap bisa dimengerti ya bagian ini.. Selesai juga akhirnya bab Nun Mati dan tanwin ini..:-) ..Tajwid ini mudah sebenarnya.. Jika anda sering menghafalnya.. Untuk ke 3 contoh ini insyallah mudah diingat..
  1. Buat catatan ringkas sendiri dan barulah mulai menghafal.. Karena menghafal tulisan sendiri akan lebih mudah.. Cobalah buktikan saran saya ini.. :-)
  2. Setiap kali baca Al-quran cobalah sesekali menggunakan hukum tajwid yang ada. 
  3. Terakhir, setelah memahami ajarkan kepada orang lain.. Tak perlu jadi ustad atau ustazah jika ingin mengajari orang lain hehe.. Ajarkan kepada adik, anak-anak atau anak tetangga anda.. Insyallah lebih cepat untuk mereka ingat!

Amalkan saran saya ini.. Setelah sebulan dua bulan.. pasti mantap :-).. Apa-apa pun.. yang paling penting.. Sebelum anda mau menghafal atau mempraktekkan tajwid ini.. Mohon belajarlah berhadapan dengan guru! Ini hanyalah sebagai Bahan bacaan saja..



Oke, sampai disini saja.. jangan lupa share post/blog ini di FB ya.. :-) Jumpa lagi kita nanti pada bab selanjutnya (Mim mati) untuk waktu yang akan datang! Sekian Terimakasih Wassalamualaikum wr..wb..






5 comments: